11 Topik Blog Terpopuler yang Disukai Pembaca

Oleh

 Walter Pinem


11 Topik Blog Terpopuler yang Disukai Pembaca – Dari sekian banyak topik blog yang ada di Indonesia dan dunia, ada beberapa yang saya amati yang paling banyak dikunjungi dan disukai oleh pembaca.

Pengunjung yang datang ke berbagai blog dengan berbagai topik bukan saja datang dari mesin pencari, atau dari media sosial, tetapi datang karena sudah hapal nama blog dan URL-nya, atau istilahnya direct visitors.

Dalam tulisan kali, saya merangkum 11 topik blog terpopuler yang disukai pembaca, tentu hal ini diharapkan mampu membuat Anda untuk fokus pada satu topik atau niche dan konsisten dalam mengelola blog.

11 Topik Blog Terpopuler yang Disukai Pembaca


1 Cerita/Berita/Informasi Unik


Blog yang mengandung topik yang satu ini memang sangat menarik untuk dibaca. Tidak heran jika blog-blog yang memuat informasi unik tentang beragam hal, seperti GEN20, selalu ramai pengunjung hariannya.

Blog dalam kategori ini harus memberikan berbagai fakta valid dengan keunikan di dalamnya, jangan memberikan informasi unik tapi palsu.

Topik blog terpopuler yang satu ini juga memberikan sumbangan pengetahuan kepada para pembacanya, karena itulah selalu disukai oleh pembaca.

2 Blog Teknologi


Perkembangan teknologi sudah sangat cepat dewasa ini. Selalu saja ada teknologi baru yang bermunculan, apapun bidangnya.

Selain itu, review produk-produk teknologi juga selalu menarik perhatian. Dalam satu atau dua bulan selalu saja ada produk teknologi yang muncul ke publik dan siap dipasarkan.

Konsumen yang hendak menggunakannya tentu membutuhkan informasi pendukung sebelum benar-benar membelinya.

Nah karena itulah orang selalu ramai mengunjungi blog yang berkategori teknologi untuk memberikan masukan kepadanya sebelum membeli produk tersebut.

Beberapa contoh blog teknologi yang bisa menjadi inspirasi adalah MakeUseOfHongkiat, dan Jalan Tikus.

3 Blog yang Berisi Artikel ‘Daftar’ atau Listicle


Yang ini maksudnya, blog berisi artikel yang memuat daftar beragam tema, entah itu daftar terbaik, daftar terburuk, daftar rekomendasi, dan sebagainya.

Misalnya artikel seperti: 10 Vokalis Terbaik Sepanjang Masa5 Kamera yang Direkomendasikan Bagi Traveler, dan sebagainya.

Blog berkategori ini umumnya memuat tema yang luas, asalkan berisi daftar-daftar dari tema yang diambil. Yang ini juga sangat disukai oleh pembaca karena judul yang dimuat saja sudah membuat penasaran.

Salah satu contoh yang bisa dirujuk dari topik blog terpopuler ini adalah List25 dan Listverse, di mana setiap artikel terbagi dalam poin-poin yang pastinya menarik.

4 Topik Blog Berisi Tutorial


Blog berkategori ini umumnya berisi banyak sekali manfaat pelatihan otodidak bagi kita yang hanya belajar manual melalui internet.

Sudah banyak sekali blog yang memuat kategori yang satu ini, sehingga keberadaannya tak susah ditemukan.

Contohnya saja blog ini, Seni Berpikir, memuat berbagai hal tentang tutorial WordPress yang mungkin bermanfaat sekali bagi Anda yang sedang mengembangkan website berbasis WordPress.

Untuk contoh lain yang memuat topik yang lebih luas adalah Instructables dan DIY Network.

5 Fashion Blog


Bagi para fashionista, terutama kaum wanita, fashion blog menjadi tongkrongan sejati. Di sanalah mereka yang suka bergaya mencari inspirasi dalam berbusana dan ber-make up, dan sebagainya.

Fashion Blog umumnya memuat foto-foto model yang dibalut oleh pernak-pernik dan pakaian dengan kombinasi uniknya sendiri, lengkap dengan review atau list tentang produk apa saja yang digunakan oleh sang model.

Fashion Blog sudah sangat banyak jumlahnya, termasuk di Indonesia, dan fashion blogger-nya pun memang berbakat dalam urusan fashion. Contohnya saja Andra Alodita atau Olivia Lazuardy, yang sudah memiliki nama sebagai fashion blogger di Indonesia.

6 Blog Traveling


Kian hari, peminat blog traveling kian bertambah. Banyak orang yang kini memutuskan sebagai travel blogger. Dan saya sendiri punya blog traveling yang bisa ditemukan di walterpinem.me.

Blog traveling umumnya berisi tentang cerita perjalanan ke destinasi-destinasi menarik, tips plesiran, peralatan traveling yang wajib dibawa, dan berbagai hal menarik lainnya seputar perjalanan.

Contoh blog traveling lain yang bisa Anda rujuk sebagai inspirasi adalah Lady Pinem dan blog rekan-rekan Travel Blogger Indonesia.

7 Blog Kuliner/Resep


Jangan salah, blog berisi cerita-cerita kuliner maupun resep makanan juga termasuk sebagai salah satu topik blog terpopuler yang disukai pembaca.

Setiap orang butuh makan dan mayoritas orang gemar mengeksplorasi cita rasa dari berbagai jenis makanan. Banyak pula orang yang gemar memasak, dan blog kuliner/resep selalu menjadi rujukan.

8 Blog Lifestyle


Blog dengan topik lifestyle juga menjadi salah satu blog yang paling populer. Umumnya, blog dengan topik ini memiliki beragam jenis pembaca yang tertarik dengan topik-topik seputar budaya, seni, kesehatan, kecantikan, keuangan dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin memulai blog lifestyle, Anda berkesempatan untuk menulis artikel beragam sub-topik yang bisa dikaitkan dengan gaya hidup. Itu artinya, Anda berpeluang untuk mencakup lebih banyak pembaca sekaligus.

9 Blog Tentang Keuangan


Mayoritas kita mungkin tidak terbiasa atau belum membiasakan diri untuk mengelola keuangan. Padahal, pendapatan yang kini rutin kita dapatkan bisa diolah untuk kemudian menghasilkan pendapatan lagi.

Blog seputar keuangan juga menjadi salah satu topik yang paling populer karena tidak banyak orang yang bisa mengelola keuangan dengan baik sehingga membutuhkan saran/nasihat dari mereka yang ahli agar bisa mengelola keuangan dengan baik.

Dua contoh blog seputar keuangan yang bisa menjadi rujukan Anda adalah KoinWorks dan Words on Investment.

10 Blog Seputar Bisnis & Kewirausahaan


Zaman serba digital seperti sekarang membuka peluang bagi banyak orang untuk mulai berbisnis. Terutama karena Indonesia merupakan pasar bisnis yang sangat potensial, membangun bisnis akan sangat potensial karena konsumennya juga besar jumlahnya.

Untuk itu, blog seputar bisnis maupun kewirausahaan selalu ramai pengunjung, tentu ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis maupun yang ingin mengembangkan usahanya yang sudah berjalan.

Beberapa contoh blog bisnis dan kewirausahaan yang bisa Anda jadikan rujukan adalah KoinWorks, Entrepreneur Camp, Shopify, maupun Entrepreneur.

11 Blog Seputar Gaming


Rata-rata orang menyukai game dan ada saja game baru yang tren dan sedang ramain dimainkan. Blog seputar gaming akan selalu populer dan menjadi topik blog terpopuler yang bisa Anda mulai sekarang juga.

Bahas berbagai game yang sedang populer, berikan tips dan trik dalam memainkan game tersebut, atau review console/peralatan game lainnya yang sedang tren.

Itulah 11 topik blog yang disukai pembaca dari saya, mungkin beberapa dari Anda ada masukan lain yang ternyata saya lewatkan? Silahkan beri tanggapan.

Komentar